Saturday, May 23, 2009

Sistem Pernapasan Hewan

Animals Respiratory System




Birds
Birds have a respiratory channel terdir top nostril, trakea, bronkus and tuberculosis-apru. At the bottom of the trakea there is a sound tool called siring. Birds have a tool called bantu respiratory sac air with lungs. Function of the air sac, among others, to assist respiratory and help raise siring cavity so that it can strengthen the voice. Respiratory process occurs in birds as follows. If berkontaksi rib muscles, rib to move forward and to the sternum to move down. Thoracic cavity and a large tekanannya decreased. This causes the air into the lungs and then into the air sac. In the rib muscles become weak, broken bones to move back to the breastbone and moving toward the top. Thoracic cavity and wane tekanannya become large, causing the air out of the lungs. Similarly from the air sac air out through the paru-apru. Of oxygen by the lungs occurred at the time of inspiration and ekspirasi. Exchange of gas occurs only in the lungs.

Reptiles
Reptiles breathe with lungs. The oxygen and carbon dioxide expenditure occurred in the lungs. Exit and entry of air from the lungs out because of the movements of the rib. Channel consists of respiratory smellers, trakea, bronkus and lungs.

Frog
Frog life cycle in the form of changes or metamorfosis. At the time a young tadpole and adult life in the land. At nula with gill breathing tadpole that is outside on the back of the head. Gill always vibrates in the water around the gill always change. Terlarut the oxygen in the water berdifusi in the capillary blood vessel in the gill.
After some time outside the gill is a gill akan change in the way terbentuknya skin fold from the front to the back of the gill cover so that the outside. Adult frog lives on land, with pernapasannya lungs. In addition to the lungs, oxygen can berdifusi in the mouth cavity through the peritoneal cavity through the mouth and skin.

Fish
Gold fish with gill breathing in the left and right side head. Each have four closed gill by gill cover (operkulum). Respiratory process in fish is a way to open and close the mouth alternately with opening and closing the gill cover. At the time the mouth opens, the water into the mouth cavity while closing the gill cover. Terlarut the oxygen in the water to enter berdifusi in capillary blood vessel in the gill. And at the time of close, close the gill opening and the water out of the mouth cavity through the gill. Together with the discharge of water through the gill, carbon dioxide is removed. Exchange of oxygen and carbon dioxide occurs in the gill sheet.
Insects have sitem respiratory system called trakea. Oxygen needed by the body's cells to oxidation is not distributed by blood but distributed by the trakea ramify throughout the body. Small branches that penetrate the network trakea body called trakeolus. Respiratory air to the entrance through the mouth but not through the stigma (spirakel).
Respiratory process in the insect occur as follows. With the contraction of the body musculature, the insect's body and into the mengempis regularly. In the body of the insect, the air entering through the stigma, to the next entry in trakea, and then into trakeolus and finally into the body cells. Berdifusi oxygen to cells in the body. Carbon dioxide is removed through the respiratory system trakea also issued through the end stigma at the time of insect bodies mengempis.

Soil worm
Earthworms do not have any special respiratory equipment. Skin contains a lot of mucus gland, the body so that skin becomes wet and humid. Oxygen is needed by the body go through the entire body surface diffusion. Expenditure of carbon dioxide through the body surface.

Protozoa
Protozoa not have special respiratory equipment to obtain oxygen and remove carbon dioxide. Oxygen into the cell plasma membrane malalui the diffusion. Similarly carbon dioxide from the cells in deikeluarkan through the plasma membrane.


====================================================================


Versi Indonesia


Sistem Pernapasan Hewan


Burung
Burung mempunyai saluran pernapasan yang terdir atas lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-apru. Pada bagian bawah trakea terdapat alat suara disebut siring. Burung mempunyai alat bantu pernapasan yang disebut pundi-pundi udara yang berhubungan dengan paru-paru. Fungsi pundi-pundi udara antara lain untuk membantu pernapasan dan membantu membesarkan rongga siring sehingga dapat memperkeras suara. Proses pernapasan pada burung terjadi sebagai berikut. Jika otot tulang rusuk berkontaksi, tulang rusuk bergerak ke arah depan dan tulang dada bergerak ke bawah. Rongga dada menjadi besar dan tekanannya menurun. Hal ini menyebabkan udara masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya masuk ke dalam pundi-pundi udara. Pada waktu otot tulang rusuk mengendur, tulang rusak bergerak ke arah belakang dan tulang dada bergerak ke arah atas. Rongga dada mengecil dan tekanannya menjadi besar, mengakibatkan udara keluar dari paru-paru. Demikian juga udara dari pundi-pundi udara keluar melalui paru-apru. Pengambilan oksigen oleh paru-paru terjadi pada waktu inspirasi dan ekspirasi. Pertukaran gas hanya terjadi di dalam paru-paru.


Pernafasan-burung


Reptil
Reptil bernapas dengan paru-paru. Pengambilan oksigen dan pengeluaran karbondioksida terjadi di dalam paru-paru. Keluar masuknya udara dari dan keluar paru-paru karena adanya gerakan-gerakan dari tulang rusuk. Saluran pernapasan terdiri dari lubang hidung, trakea, bronkus dan paru-paru.

Katak
Katak dalam daur hidupnya mengalami metamorfosis atau perubahan bentuk. Pada waktu muda berupa berudu dan setelah dewasa hidup di darat. Mula-nula berudu bernapas dengan insang luar yang terdapat di bagian belakang kepala. Insang tersebut selalu bergetar yang mengakibatkan air di sekitar insang selalu berganti. Oksigen yang terlarut dalam air berdifusi di dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang.
Setelah beberapa waktu insang luar ini akan berubah menjadi insang dalam dengan cara terbentuknya lipatan kulit dari arah depan ke belakang sehingga menutupi insang luar. Katak dewasa hidup di darat, pernapasannya dengan paru-paru. Selain dengan paru-paru, oksigen dapat berdifusi dalam rongga mulut yaitu melalui selaput rongga mulut dan juga melalui kulit.


Pernafasan-katak


Ikan
Ikan mas bernapas dengan insang yang terdapat pada sisi kiri dan kanan kepala. Masing-masing mempunyai empat buah insang yang ditutup oleh tutup insang (operkulum). Proses pernapasan pada ikan adalah dengan cara membuka dan menutup mulut secara bergantian dengan membuka dan menutup tutup insang. Pada waktu mulut membuka, air masuk ke dalam rongga mulut sedangkan tutup insang menutup. Oksigen yang terlarut dalam air masuk berdifusi ke dalam pembuluh kapiler darah yang terdapat dalam insang. Dan pada waktu menutup, tutup insang membuka dan air dari rongga mulut keluar melalui insang. Bersamaan dengan keluarnya air melalui insang, karbondioksida dikeluarkan. Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi pada lembaran insang.
Serangga mempunyai sitem pernapasan yang disebut sistem trakea. Oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk oksidasi tidak diedarkan oleh darah tetapi diedarkan oleh trakea yang bercabang-cabang ke seluruh tubuh. Cabang kecil trakea yang menembus jaringan tubuh disebut trakeolus. Masuknya udara untuk pernapasan tidak melalui mulut melainkan melalui stigma (spirakel).

Pernafasan-Ikan

Proses pernapasan pada serangga terjadi sebagai berikut. Dengan adanya kontraksi otot-otot tubuh, maka tubuh serangga menjadi mengembang dan mengempis secara teratur. Pada waktu tubuh serangga mengembang, udara masuk melalui stigma, selanjutnya masuk ke dalam trakea, kemudian ke dalam trakeolus dan akhirnya masuk ke dalam sel-sel tubuh. Oksigen berdifusi ke dalam sel-sel tubuh. Karbondioksida hasil pernapasan dikeluarkan melalui sistem trakea juga yang akhirnya dikeluarkan melalui stigma pada waktu tubuh serangga mengempis.

Cacing Tanah
Cacing tanah tidak mempunyai alat pernapasan khusus. Kulitnya banyak mengandung kelenjar lendir, sehingga kulit tubuhnya menjadi basah dan lembab. Oksigen yang diperlukan oleh tubuhnya masuk melalui seluruh permukaan tubuh secara difusi. Pengeluaran karbon dioksida juga melalu permukaan tubuh.

Protozoa
Protozoa tidak mempunyai alat pernapasan khusus untuk memperoleh oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen masuk ke dalam sel malalui selaput plasma secara difusi. Demikian juga karbon dioksida dari dalam sel deikeluarkan melalui selaput plasma.

No comments:

Post a Comment